Senin, 29 April 2013



Traveling adalah salah satu niche online yang sedang  dan akan terus booming di Indonesia. Saat ini banyak orang yang ingin traveling dengan budget murah, termasuk saat saya ingin liburan di beberapa kota di Asia Tenggara, saya lalu browsing dan mencari segala  macam informasi yg terkait dengan kota kota yg akan saya kunjungi nantinya.

Namun sayangnya belum ada panduan ebooknya yg dikemas secara profesional dan di jual secara online. Biasanya toko buku gramedia pun, menjadi "pelabuhan" terakhir saya untuk mendapatkan buku buku tersebut.

Jika  kamu ingin menjual pengalamanmu secara online, paling tdk ada 5 hal sederhana yg bs kamu kembangin.

1. Sebelum membuat produk atau menjual pengalamanmu, tentuin Marketmu, mau orang Indonesia apa luar negeri.

2. Terus dari hasil travelingmu coba buat list apakah destinasi yg kamu sdh kunjungi itu banyak diminati oleh market yg kamu bidik atau tidak  (riset pasar) - pake aja google keyword tool

3. Kamu bisa buat blog dulu spt punya trinity, tulis hal2 menarik selama traveling,tentu saja bahasanya disesuain sama market yg kamu bidik, Branding diri kamu sebagai seorang expert dalam bidang  travelling ini, secara khusus di destinasi destinasi  yang pernah kamu kunjungi

4.Pilih nama domain yg unik dan mengandung kata kunci yg banyak dicari oleh marketmu yg sesuai dg tema traveling kamu

Conth simple: kamu traveling udah keseluruh Indonesia, namun ada beberapa tempat yg juga banyak menjadi destination para turis asing, nah kamu bisa jadiin ini bahan materi yang bisa kamu jual,selain itu di blog kamu juga bisa kamu taruh iklan adsense, (konten dlm bhs inggris)

5. Kamu bisa kemas pengalamanmu dengan  menarik,sharing pengalamanmu baik dari sisi biaya,hotel,destinasi yg wajib dikunjungi, tiket masuk, kuliner, shoping/pasar, apa yg blh dan tdk blh dilakukan oleh pelancong, kontak person yg bisa membantu setiap traveller dan sebagainya.

Ini adalah  informasi yg berharga banget bagi target marketmu dan bisa kamu jual,bisa dengan membuat ebook utk setiap destinasi atau kamu bs jadi konsultan,tarik fee/jam atau per case, tentunya banyak yang mau menggunakan jasa kamu sebgai seorang traveller expert

Tentunya jika blog kamu tersegmented maka blog itu akan jadi rujukan banyak traveller (tidak semua tapi pasti ada dan itu sangat nice sekali) dan dari situlah kamu bisa monetize (sebagai  consultant, product owner, publisher, affiliate)

Contoh hal simple:
Ketika saya  mau ke China,saya  bth seorang guide dan juga translate, singkat cerita, melalui internet saya menemukan seorang (orang Indonesia yg tinggal di cina) yang bisa jual pengalaman dan juga pengetahuannya tentang  destination yang g ingin saya kunjungi, termasuk informasi hotel /tmpt makan favorit pelancong, dan nasehat nasehat berguna lainnya yang  perlu saya tahu.

Dia memasang tarif sktr 600 rb/8 jam utk memandu dan "menceramahi" akan apa2 yg sy butuhkan selama nanti saya di cina dan teryata ketika saya ingin gunakan jasanya, sudah full booked sampai 3 bln kedepan. Wow!

Anda tertarik untuk mencobannya?? kenapa Tidak. selama itu menyenangkan, bisa membantu orang banyak dan tentunya harus menghasilkan pemasukan secara ekonomi buat anda..

Selamat Berkreatifitas


Semangat Sukses

0 komentar:

Posting Komentar